Forum Gegana Banda Aceh Dikukuhkan

BANDA ACEH - Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, mengukuhkan Kepengurus Forum Generasi Gemilang Anti Narkoba (Gergana) Kota Banda Aceh periode 2017-2021, di Aula Balai Kota Banda Aceh, Sabtu (7/10). M Zidan Al-Hafidz Aminullah dipercayakan sebagai Ketua Umum Gergana Banda Aceh hingga lima tahun ke depan.

Mengusung tema “Bersama Gergana Kita Wujudkan Generasi Muda Kota Banda Aceh Bebas Narkoba”, pengukuhan itu juga ikut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Zainal Arifin beserta unsur Forkopimda, Pimpinan BNN Aceh, sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, narkoba telah menyerang semua generasi dan lapisan masyarakat. Bahkan saat ini narkoba juga sudah masuk hingga ke sekolah dan pesantren, dengan merusak generasi muda.

Menurutnya, peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Indonesia termasuk di Provinsi Aceh telah berada pada level mengkhawatirkan. “Berdasarkan data resmi yang dirilis sejumlah lembaga tercatat tren peredaran dan penyalahagunaan Narkotika terus meningkat dari tahun ke tahun.” ujar Aminullah.

Disebutkan, berdasarkan data yang dirilis BNN pada 2015 bahwa pada 2008 tingkat penyalahgunaan narkotika diproyeksikan sebanyak 1,99 persen, 2011 menjadi 2,32 persen atau setara dengan 3,8 juta jiwa pengguna. Angka itu, kata Aminullah, kembali meningkat pada 2013 menjadi 2,56 persen, 2015 2,8 persen dan pada 2016 naik menjadi 2,9 persen atau setara dengan 5,1 juta jiwa. Tercatat 40 orang di Indonesia mati setiap hari karena Narkotika.

Dalam kesempatan itu, Aminullah mengajak masyarakat supaya tidak menyerah untuk terus berusaha memerangi peredaran Narkotika khususnya di Kota Banda Aceh. Banda Aceh pun berkomitmen terus mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, yang dinilai sebagai salah satu penyebab maningkatnya peredaran narkoba.

Sementara M Zidan Al-Hafidz Aminullah dalam sambutannya, menyebut narkoba sebagai ancaman serius bagi bangsa Indonesia saat ini. “Narkoba kini sudah menyusup ke semua kalangan mulai pelajar hingga pejabat,” katanya.(mun)

Kutip(SERAMBINEWS.COM).