Kurangi Risiko Laka Lantas, Polantas Polres Lhokseumawe Bersihkan Pasir di Jalan

Kurangi Risiko Laka Lantas, Polantas Polres Lhokseumawe Bersihkan Pasir di Jalan

Sejumlah personel dari Sat Lantas Polres Lhokseumawe membersihkan pasir yang berserakan di pinggir jalan, tepatnya di depan Pos Lantas Jalan Medan-Banda Aceh, Kawasan Cunda, Kec. Muara Dua, Kota Lhokseumawe, Kamis (22/10/2020).

Pantauan di lapangan sejumlah anggota Polisi itu membawa sapu dan tidak segan untuk menyapu pasir yang berserakan di jalan. karena jika dibiarkan maka bisa membuat pengendara sepeda motor tergelincir sehingga mengalami kecelakaan.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto, S.IK, MH melalui Kasubag Humas Salman Alfarasi, SH, MM menyampaikan, petugas sengaja turun ke jalan untuk membersihkan jalan yang berpasir.

“Untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas, akibat kondisi jalan yang berpasir, ” ujarnya, Kamis (22/10/2020).

Lanjutnya, pasir dan tanah dapat membuat daya cengkram ban kendaraan saat melaju menjadi tidak berfungsi (slip).

Kecelakaan di jalan raya bukan hanya karena human error saja, akan tetapi keberadaan pasir dan tanah yang seperti ini (berada di badan jalan) juga bisa jadi penyebabnya. Untuk itu, sebelum kejadian personil Polantas sudah mengantisipasi hal tersebut.

Sambungnya, kami mengimbau kepada pengguna jalan terutama yang menggunakan sepeda motor agar berhati-hati di jalan yang terdapat pasir. Kemudian tidak memacu kendaraan dijalan berpasir sebab bisa berbahaya bagi pengguna.

“Kalau lewat jalan begini sebaiknya kecepatan dikurangi untuk menghindari ban slip,” pungkasnya.


Kutip (www.tribratanews-polreslhokseumawe.com)