Polda Aceh kerahkan 1.022 polisi lalu lintas amankan libur panjang

Polda Aceh kerahkan 1.022 polisi lalu lintas amankan libur panjang

Kepolisian RI Daerah (Polda) Aceh mengerahkan 1.022 polisi lalu lintas untuk mengamankan arus kendaraan di jalan raya saat libur panjang nasional di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Selasa, mengatakan liburan panjang nasional berlangsung 28 Oktober hingga 1 November mendatang.

"Sebanyak 1.022 personel yang dikerahkan untuk pengamanan libur panjang termasuk polisi lalu lintas di wilayah-wilayah atau polres," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Sasaran pengamanan, kata Kombes Pol Dicky Sondani, meliputi ruas jalan di destinasi pariwisata, pusat-pusat perbelanjaan, dan fasilitas publik lainnya, agar tidak terjadi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Perwira menengah Polri itu mengimbau masyarakat yang memanfaatkan libur panjang agar mempersiapkan kendaraan dengan mengecek rem, lampu, ban, dan lainnya, termasuk surat-surat kendaraan agar aman di jalan raya.

Selain itu, Kombes Pol Dicky Sondani mengingatkan pengguna jalan raya agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Serta memastikan kondisi tubuh benar-benar sehat saat berkendara.

"Dan yang terpenting, kami ingatkan tidak memaksakan mengendarai kendaraan bermotor dalam kondisi capek dan mengantuk. Jika lelah, lebih baik istirahat," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Mantan Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan itu juga mengingatkan masyarakat yang libur ke pantai untuk selalu memperhatikan cuaca. Sebab, saat ini cuaca sering hujan dan ombak laut cukup besar.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak saat libur panjang nanti," kata Kombes Pol Dicky Sondani.


Kutip (www.aceh.antaranews.com)