SAMAPTA BHAYANGKARA

KEPOLISIAN DAERAH ACEH


Visi

Menjadikan anggota Samapta  jajaran Polda Aceh sebagai insan yang bertaqwa kepada tuhan YME,profesional dalam bidang tugas umum,etis, taat pada hukum dan menjunjung tinggi HAM dalam setiap melaksanakan tugas dan kehidupan sehari - hari sehingga dapat menciptakan kondisi Kamtibmas yang kondusif serta dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Misi

  1. Taqwa
    a)   Meningkatkan kegiatan keagamaan yang berlandaskan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    b)   Menanamkan kepada anggota untuk selalu berbuat / bertindak secara bijaksana,jujur dan adil.
  2. Professional
    a)   Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anggota yang berkaitan dengan upaya penegakan hukum dan  memberikan perlindungan, pengayoman,pelayanan serta pertolongan kepada masyarakat.
    b)  Memberikan pemahaman kepada anggota tentang fungsi dan teknis kesamaptaan yang harus dilakukan dalam pelaksanaan tugas.
    c) Menekankan kepada seluruh anggota agar selalu memelihara/meningkatkan disiplin dan mendorong mengembangkan pengetahuan melalui pendidikan pengembangan yang dilaksanakan oleh kedinasan maupun secara pribadi.
  3. Terpuji
    a)   Menanamkan budaya santun kepada setiap anggota,dengan harapan dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam setiap melaksanakan tugas.
    b)   Memberikan penekanan kepada anggota agar tidak bertindak sewenang-wenang dalam melaksanakan tugas dan tidak menyalahgunakan kewenangan/jabatan.
  4. Taat Hukum
    a)  Memberikan pemahaman kepada anggota agar selalu mentaati semua hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
    b)   Dalam melaksanakan tugas selalu dilandasi proporsioalitas sesuai dengan prosedur hukum.
  5. Menjunjung tinggi HAM
    a)   Setiap anggota Samapta harus mengetahui dan memahami tentang harkat dan martabat umat manusia dan warga negara,baik sebagai insan hamba Tuhan maupun sebagai makhluk sosial.
    b)   Dalam pelaksanaan tugas Kepolisian fungsi Samapta harus sesuai SOP(standar Operasional Prosedur) yang telah ditentukan dengan menegakkan HAM.
    c)   Anggota Samapta harus mampu mengintegrasikan mental kepribadiannya,sehingga dapat memperhitungkan perlu dan tidaknya untuk melakukan tindakan kekerasan terhadap masyarakat dalam melaksanakan tugas.